Seribu Manfaat Brokoli

Brokoli sayuran yang sering disajikan untuk anak-anak. Brokoli sangat baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak. Namun banyak anak yang tidak begitu suka dengan sayuran borkoli ini. Brokoli memiliki rasa yang agak aneh, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa brokoli memberikan seribu manfaat bagi tubuh dan kesehatan anda
Bagi sobat legi bingung masih belum begitu tahu soal apa saja sih manfaat dan gizi dari brokoli. Yuk mari kita bahas dulu manfaat manfaat dari brokoli

Tentang Brokoli
Tanaman brokoli termasuk dalam jenis kubis-kubisan seperti pada kol .Pada perkembangannya, brokoli belum begitu populer di indonesia dan kini semakin populer, apalagi manfaat brokoli sangat dikenal bagi yang sedang menjalani program diet dan baik untuk pertumbuhan anak.
Kandungan Gizi Brokoli

Kandungan gizi pada brokoli sangat tinggi kandungan vitaminnya, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K lalu terkandung pula antioksidan membuat lengkap sudah sayuran hijau nan unik ini. Sejumlah mineral penting juga mampu dihasilkan oleh brokoli. Berikut adalah daftar lengkapnya.

  • Vitamin A, C, B, C, dan K
  • Kalsium
  • Zat Besi

Kalori
Kandungan gizi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, ibu hamil, dan manusia pada umumnya.

1. Mengontrol kolesterol
Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan pula dari gejala penyakit jantung. Jadi masak brokoli dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minyak goreng.

2. Penting untuk kesehatan mata
Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan pengelihatan yang lebih baik. Mata merupakan aset penting untuk kita, jadi jagalah asupan dengan asupan makanan kita dengan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

3. Sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan
Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung atau pun kanker usus besar.

4. Sumber antioksidan
Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

5. Meningkatkan Sistem Imun
Masih terkait dengan vitamin C, brokoli juga sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

6. Efektif Mencegah Kanker
Brokoli memiliki kandungan indole dan isothiocyanate serta fitokimia yang dalam beberapa studi telah mengungkapkan bahwa zat ini sangat efektif dalam mencegah kanker tertentu, terutama kanker prostat dan payudara.

7. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

8. Menjaga kesehatan jantung
Institute for Food Research di Norwich, Inggris melalui para penelitinya telah mengembangkan dua jenis brokoli untuk mengembangkan brokoli jenis ungulan yang mengandung glucoraphanin 2-3 kali lebih banyak dari jenis normal. Kandungan zat ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan jantung.

Bagaimana sobat legi udah tahu kan seribu manfaat dari sayur brokoli, bagi sobat legi yang masih bingung cara memasak brokoli, ga usa bingung masak :p . Mampir saja ke legi& Resto Solo untuk menikmati varian atau variasi dari masakan brokoli

About the author: Admin Legi Resto